04:29:03 - 20.11.2017
Powered By JosXP.com

Anda Pengunjung ke:

Untuk Kalangan Sendiri

Website Ini Untuk Kalangan Sendiri, Untuk Kalangan Kristen dan Katolik. Artikel di ambil dari berbagai sumber.
Isi di luar tanggung jawab redaksi.Jika ada pertanyaan, silahkan email redaksi = admin@yesuskristus.com
HOME arrow ARTIKEL ROHANI arrow Bolehkan Orang Kristen Yoga?
Bolehkan Orang Kristen Yoga? PDF Print E-mail
Patung Shiva dalam posisi yoga

Bolehkah orang Kristen melakukan meditasi yoga?   

 

Firman Tuhan berkata: 

 

Kolose  2:8 Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus.   

 

Mari kita menelusuri asal muasal Yoga. 

Dari mana Yoga berasal? 

Yoga adalah latihan tradisional dari India, termasuk latihan fisik dan mental.Tujuan dari disiplin yoga adalah sesuai dari filosofi agama Hindu.Ada banyak aliran yoga, misalnya:

 

-Raja Yoga

-Karma Yoga

-Jnana Yoga

-Bhakti Yoga

-Hatha Yoga 

 

Misalnya, Raja Yoga sesuai dengan filosofi Hindu adalah bagian dari tradisi Samkhya.

 

Kata 'Yoga' sendiri sesuai dari kata sansekerta berarti

 

 

-to control (mengontrol)

-to unite (menyatukan)

-joining (bersatu)

-uniting (menyatukan)

-union (persatuan)

 

Sehingga, sesuai dengan tradisi Hindu, yoga adalah latihan fisik dan mental yang menyatukan diri seseorang dengan dewa-dewa (baca: roh-roh) agama Hindu.  

 

Bolehkah orang Kristen melakukan meditasi yoga, mengingat meditasi yoga bisa saja memberikan keuntungan  ?  

 

Orang Kristen tidak boleh melakukan meditasi Yoga. Hal ini disebabkan karena Yoga bukan sekedar latihan fisik atau pun mental, tetapi merupakan salah satu praktek dari ajaran dalam filsafat Hindu yang bertujuan untuk menyatukan diri dengan alam atau Sang Pencipta (Brahman). Di selidiki bahwa saat bermeditasi, seseorang dalam keadaan mengosongkan pikiran, hal ini sangat berbahaya, karena roh-roh jahat dapat mengambil keuntungan memasuki pikiran seseorang. Kedamaian yang didapat hanyalah sementara, karena kedamaian sejati hanya di dalam Yesus Kristus. Roh-roh dari agama Hindu memasuki seseorang dan juga filsafat-filsafat Hindu ditanamkan yang tidak sesuai dengan pengajaran Alkitab.

 

Memang kita mendengar ada manfaat dari meditasi Yoga, termasuk bisa menjadi terapi dari berbagai macam penyakit dan untuk kesehatan tubuh.

Namun demikian kita harus waspada dengan falsafah yang mendasari praktek Yoga. Sebagai gantinya kita bisa melakukan olah raga seperti yang biasa kita kenal. Maksud saya sepenuhnya adalah kegiatan fisik. Kalau ingin mencapai ketenangan pikiran kita bisa dapatkan dalam iman dan persekutuan dengan Tuhan (Mazmur 62).  

 

Yoga tidak baik untuk orang Kristen, ini dikarenakan asas latihan fisik dan mental Yoga adalah berasaskan kepada agama Hindu yang membukakan diri mereka kepada  roh-roh tuhan mereka untuk masuk ke dalam tubuh mereka.

 

 

 

Tuhan Yesus memberkati.

 

Add comment

Security code
Refresh